Selasa, 05 Oktober 2010

Fiqh Klenik


FIQH KLENIK, Fatwa-Fatwa Ulama Menyorot Tarekat & Mistik

Oleh: M. Ridlwan Qoyyum Sa'id

Penerbit: Mitra Gayatri, lirboyo kediri

Tebal: xv + 112 hal.

Harga: Rp. 20.000,-


Memang sangat memprihatinkan. Itulah kenyataan pahit dari fenomena tarekat dan klenik yang dalam prakteknya banyak menyimpang dari ajaran syareat. Sementara itu ditengah-tengah kegersangan dan kehausan masyarakat modern ini, tarekat mulai diminati sebagai pelarian dari kegelisahan-kegelisahan sosial.

Apalagi yang namanya klenik, mistik, atau perdukunan yang sebenarnya merupakan simbol dari masyarakat tradisional itu, kini mulai diadopsi oleh kalangan luas. Tak lain dikarenakan pemecahan-pemecahan problematika dalam skala rasionalitas tidak lagi menyajikan solusi terbaik.

Lebih ironis lagi ketika klenik ikut mewarnai perpolitikan di negeri ini seperti masalah suksesi kepemimpinan yang sering dikait-kaitkan dengan Jangka Joyoboyo, yang berbunyi: "Notonegoro" dan lain sebagainya.

Buku ini hadir untuk mengingatkan rambu-rambu syareat yang sering dilanggar para pengamal tarekat dan pelaku klenik. Agar mereka meniti kembali ajaran "tarekat dan mistik", yang sesuai dengan ajaran ulama' salaf ala Thoriqoti Ahlussunnah Wal Jama'ah.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive