Minggu, 28 Maret 2010

Landasan Amaliyah NU


Budaya, Tradisi NU adalah amliyah - amaliyah yang dilakukan oleh orang Nahdlatul Ulama', sebuah organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. Tradisi Amaliyah NU seperti : tahlilal, haul, tawassul, isthighosah, talqin, ziaroh kubur, sholat tarawih 20 rokaat ,dll, hampir dilakukan (mayoritas) bangsa indonesia, baik yang melakukan itu mersa merasa dan mengakui sebagai orang NU ataupun tidak.
Terbentuknya budaya dan tradisi NU ini, tidak bisa lepas dari peran para Wli Songo, penyebar islam di indonesia, khususnya pulau jawa, mereka menyampaikan dakwahnya dengan bil hikmah mauidhotil hasanah, santun dan damai, jauh dari cara - cara kekerasan. mereka tidak membentur budaya dan tradisi, tetapi dengan kearifan dan kealiman merekaakan syariat islam, mereka menjadikan budaya dan tradisi sebagai media dakwah, budaya yang tidak sesuai dengan budaya islam mereka rubah sedikit demi sedikit, hasilnya indonesia penduduknya muslim bahkan terbesar di seluruh dunia.
Belakangan, mereka yang pemahaman agamanya parsial ( sepotong-sepotong), bukan pemahaman yang menyeluruh, menyalah pahami dan menuduhbahwa tradisi dan Amaliyah NU itu berbau Syirik, Bid'ah dan kufur.
Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang, bahwa amaliyah yang menjadi tradisi NU, setelah melalui pemahaman yang kompeherensif ( menyeluruh), bukan pemahaman yang parsial, ternyata memiliki landasan hukum yang kuat dan kokoh, baik dari Al Qur'an dan Al Hadist yang jauh dari perbuatan syirik, bid'ah dan kufur, seperti yang mereka salah pahami selama ini.
Harga : Rp 30.000,-
Penerbit : darul Hikmah

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive